Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Pearl Jam Si Grunge Band

Pearl Jam merupakan salah satu band rock besar yang bisa bertahan selama dua dekade lebih. Mereka memulai dan melalui perjalanan hanya dengan sedikit perubahan personel. Istimewanya lagi, Pearl Jam adalah band yang pada awal kehadirannya diklaim sebagai band beraliran grunge, aliran yang tumbuh subur di Seattle, Washington DC.

Grunge yang identik dengan style perpaduan punk and trash pernah sangat populer pada periode tahun 90an. Beberapa pengusung seperti Nirvana, Alice in Chains Sound Garden, Stone Temple Pilots serta Pearl Jam Sendiri. Selepas kematian Prof. Kurt Cobain yang bisa dibilang Icon Grunge, genre musik Grunge ini perlahan pudar. Para pengusungnya pun seakan perlahan menghilang dari hingar bingar musik rock.

Beberapa pengusung seperti Nirvana, Alice in Chains Sound Garden, Stone Temple Pilots serta Pearl Jam


Tapi 2 dekade setelah masa jayanya aliran grunge, Pearl Jam ternyata masih ada meski mereka sekarang menyebut diri sebagai rock band, tidak masalah toh istilah hanyalah hasil pemikiran yang diopinikan. Pearl Jam masih aktif dengan jutaan fansnya di seantero dunia.

Fakta Pearl Jam Di Rangkum Dari Berbagai Sumber

By the way, lagu apa yang paling berkesan buat kalian? Black? Alive? Do The Evolution? Jeremy? Red Mosquito? Daughter? atau malah jangan-jangan kalian sama kaya aku, kesusahan untuk menentukan mana yang paling favorit. Okeh, jika kamu suka menyimak lagu-lagu dari Pearl Jam, aku punya beberapa penafsiran tentang arti lagu dari beberapa karya mereka.

1. Bukti Pearl Jam Bukan Band Komersil Semata

Selepas debut album mereka TEN, Pearl Jam disebut kritikus sebagai band komersil, tapi kemudian mereka membuktikan bahwa semua itu salah, bahkan sebaliknya, mereka kerap menolak untuk membuat banyak video klip, yang mana biasanya video klip merupakan salah satu jurus yang digunakan sebagai alat marketing terbaik oleh banyak artis

2. Kuping Mike McCready

Gitaris Mike McCready lebih memilih bermain dengan menggunakan kejelian pendengaran kupingnya daripada bertumpu pada alat-alat teknis. Mike mengatakan kalau dia tidak terlalu peduli pada hal-hal teknis. Keren, aku suka, aku suka.

3. Peduli Politik

Pearl Jam mengambil bagian pada gerakan dari Rock the Vote dan Vote for Change bersama para insan musik lainnya, Pearl Jam berusaha menarik calon pemilih sebanyak mungkin untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum di AS, mereka tahu bro, pengin mengubah sesuatu di negara demokrasi itu ya dengan cara keterlibatan.

4. Mewujudkan Tanggung Jawab

Pada tahun 2010, Pernah Pearl Jam mengumumkan bahwa mereka akan mengganti rugi atas pengeluaran karbon mereka selama tour Backspacer di tahun 2009 dengan cara mendonasikan uang untuk program penanaman pohon di wilayah Puget Sound, Washington. Btw, Puget Sound itu sepertinya ada dalam bait salah satu lagunya nirvana loh, cari tahu sendiri yah.

5. Majalah Rolling Stone Tentang Pearl Jam

Majalah Rolling Stone menyebut Pearl Jam sebagai band yang gerap menggelar tour secara konstan sekaligus sebagai band rock yang punya aksi panggung terbaik, mampu menarik fans fanatic, menyamai Grateful Death, laksana penerus semangat Bruce Springsteen, the Who dan U2.

6. Memprioritaskan Fans

Dalam setiap rangkaian tour, Pearl Jam selalu membuat Official Bootlegs berisi lagu-lagu yang mereka bawakan dalam tour yang dikemas dalam kualitas tinggi untuk para fans. Catatan: Bootleg adalah rekaman artis musik yang tidak dirilis secara resmi lewat suatu perusahaan rekaman, sumber dari Wikipedia.

7. Jeremy Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Lagu Jeremy ( album Ten 1992 ) beserta video klip tersebut terinspirasi dari kisah nyata di sebuah sekolah menengah atas di Amerika yang mengisahkan seorang pelajar yang menembak kepalanya sendiri di depan kelas, kalo melihat vidio kilp itu, tanpa menerjemahkan lagu memang menggambarkan bocah usia belia yang bermasalah dengan lingkungan; keluarga maupun sekolah.

8. Bugs Lagu Aneh

Eddie Vedder sang vokalis mendapatkan inspirasi lagu BUGS dalam perjalanan pulang setelah membeli akordion. Kamu pernah dengerin lagu bugs nya mereka kan? lagu BUGS adalah salah satu lagu Pearl Jam yang paling aneh, mirip orang membaca pusi diiringi musik.

9. Eddie Mengisi Permainan Gitar

Eddie Vedder sang vocalist mulai bermain rhythm gitar sejak album Vitalogy untuk membuat gitaris Stone Gossard dan Mike McCready mengeluarkan kemampuan terbaik mereka, jadilah musikalitas mereka tambah buket bising tapi harmoni.

10. Mike McCreadyi Sangat Jimi

Gitaris Melodi Pearl Jam Mike McCready sangat terpengaruh / terinspirasi peosna Jimi Hendrix. Salah satu pengaruh besarnya bisa dilihat di lagu Yellow Ledbetter. Aku kalo dengerin lagu ini merasakan kesan kesediahan dalem-dalem bagimana itu lagu. Kadang juga mencari makna lagu itu, bukan sekedar arti yah, tapi makna di balik lagu tersebut. Seperti biasa, simpang siur tapi pada intinya itu lagu soal kesedihan dari dampak peperangan.

11. Perselisihan Dengan Kurt Cobain

Memang ada isu tentang Kurt Cobain yang menyelisihi Pearl Jam, tapi, meski Kurt Cobain mengkritik dengan pedas album perdana Pearl Jam berjudul Ten, namun frontman Nirvana itu akhirnya berpelukan berdamai dengan Eddie Vedder saat-saat waktu menjelang kematiannya.

Apalagi yah? kamu tahu beberapa fakta-fakta tentang band Pearl Jam? Kalau kamu tahu beberapa yang belum ada di sini pasti kamu penggemar band rock dari Kota Seattle ini.

Post a Comment for "Fakta Pearl Jam Si Grunge Band"