Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Jaringan Sosisal

Kita semua mungkin sudah pernah mendengar istilah Jaringan Sosial atau Jejaring Sosial sebelumnya, tapi tidak semua orang tahu apa artinya? apa kita bisa memberikan definisi yang akurat?


Definisi Jaringan Sosisal

Jaringan sosial diartikan sebagai kelompok individu yang dalam kelompok-kelompok tertentu, kelompok tertentu tersebut dapat berbentuk seperti sebuah komunitas kecil atau lingkungan.

Meskipun jaringan sosial di dunia nyata yang berupa hubungan antara orang seperti forum di sekolah atau di tempat kerja dan lain-lain, tapi jaringan sosial tersebut tidak sepopuler Jaringan Sosial Online semacam Facebook, Twitter, Instagram, WikiHow dan lain sebagainya.

Hal ini karena jaringan sosial di internet dapat berisi ribuan bahkan hingga jutaan individu dari orang-orang yang mencari pengguna internet lain dalam mengembangkan jaringan pertemanan mereka.    

Konsep Pada Jejaring Sosial Online

Beberapa bentuk atau konsep jaringan sosial tersebut terbentuk karena alasan ikatan / basik yang sama, apakah itu ikatan hobi, agama, atau politik. Setelah kita diberikan akses ke situs jejaring sosial, kita dapat memulai untuk bersosialisasi. Tindakan bersosial dalam jaringan sosial online ini termasuk membaca profil atau halaman profil anggota lain atau bahkan menghubungi mereka.  

Teman-teman baru yang kita dapatkan di jejaring sosial adalah salah satu dari banyak manfaat dalam jaringan sosial online. Tidak seperti  jejaring sosial di sekolah atau tempat kerja, internet memberikan hubungan individu dari seluruh dunia. Ini berarti bahwa meskipun kita berada di Hongkong, misalnya, kita dapat mengembangkan persahabatan online dengan seseorang di Jepang atau Indonesia atau negara-negara di wilayah yang jauh dari wilayah kita.

Kita bukan hanya mendapat kawan baru tapi lebih dari itu kita mungkin juga akan mendapat wawasan-wawasan baru yang sebelumnya tidak kita ketahui misalnya tentang budaya, sejarah, jual beli, bisnis dan lainnya.

Potensi Kejahatan Pada Jejaring Sosial

Bukan hanya di dunia nyata, ancaman bahaya juga terdapat di dunia maya, dalam hal ini pada jaringan sosial online. Seperti saat halnya kita bertemu teman-teman di jalanan, sekolah atau lingkungan kerja, kita disarankan untuk berhati-hati dalam tindak-tanduk secara online.

Dengan kesadaran akan lingkungan sekitar kita, sistem dan dengan siapa kita sedang berbicara, atau berhubungan dengan siapakah kita, maka kita dapat dengan aman dan nyaman menikmati jaringan sosial online.

Kesimpulan

Jejaring Sosial online tidak beda dengan jejaring sosial di dunia nyata, bagaimana kita bersikap di jejaring sosial tersebut tetap dapat menguntungkan maupun merugikan. Hal ini bergantung pada perlakuan kita, mau berlaku baik atau buruk tentu ada konsekwensinya.