Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Akun Gmail Khusus Untuk Bisnis Online

Mungkin semua sudah paham cara membuat email di google tapi tidak semua paham pentingnya email dalam kaitannya untuk bisnis terutama untuk bisnis online yang faktanya sudah tidak bisa kita hindari.
Jadi seumpama saya punya rencana untuk membuat Online Shop Aink Go Id, maka saya menggunakan nama email saya

Jika anda berencana membuat email untuk kegiatan bisnis sebaiknya rencanakan dengan matang hal-hal yang diperlukan supaya keberadaan akun email anda berkorelasi / singkron dengan program bisnis atau jual beli online yang akan anda jalankan.

Tahap Membuat Akun Gmail Untuk Bisnis Online Yang Baik

1. Rencanakan Nama Email

What Is In A Name?! Apalah artinya sebuah nama, Mungkin nama memang tidak begitu penting untuk beberapa hal, tapi pada kasus bisnis online, nama email sangat berpengaruh sebab berkaitan dengan image, profesionalitas dan kesan yang akan diperoleh pelanggan.

Jadi seumpama saya punya rencana untuk membuat Online Shop Aink Go Id, maka saya menggunakan nama email saya ainkgoid@gmail.com, sekali lagi ini misalnya loh ya.

Begitu juga dengan anda, rencanakan penamaan akun email anda dengan baik karena akan berdampak pada interpretasi para pelanggan. Lagian nama akun yang jelek kan tidak nyaman untuk digunakan dalam dunia bisnis.

Teori ini juga berlaku untuk lembaga atau instansi, semisal sekolah, koperasi, pondok pesantren dan lainnya. Sebab akan tidak keren bila alamat email sebuah lembaga menggunakan nama individu.

2. Siapkan Nomor Hp Yang Dapat Dihubungi

Nomer Hand Phone juga sangat penting, bukan hanya untuk pendaftaran email di awal mula tapi juga untuk kelanjutannya. Jika anda benar-benar konsekuen akan bisnis anda nomer Hp diperlukan untuk keamanan akun email anda. Jadi bila suatu saat anda lupa password email, anda bisa menggunakan nomer kontak anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diketahui, biasanya google hanya akan menerima 3 kali penggunaan nomor ponsel untuk konfirmasi Layanan Gmail. Jadi apabila nomor ponsel kita pernah mengkonfirmasi untuk membuat Akun Gmail sebanyak 3 kali, kemungkinan besar untuk pembuatan akun ke-4 kalinya akan ditolak.

3. Menyatukan Kegiatan Bisnis Online Dengan Satu Akun Email

Setelah Akun Gmail Bisnis anda jadi, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kegiatan bisnis anda dengan email bisnis ini, mulai dari online shop, akun facebook hingga email untuk blog atau website anda.

Pun demikian jika anda ingin membuat toko online di market place semisal shopee, tokopedia atau lainnya, gunakanlah akun email bisnis anda untuk mendaftarnya sehingga menjadi soft branding sebab satu kesatuan image bisnis online anda yang kuat.