Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Membuat Blog Personal

Berapa biaya untuk membuat blog personal dari 0 sampai mapan?! Mungkin ini terlintas di benak anda yang baru tertarik untuk membuat blog. Beberapa mungkin berfikir bahwa pembuatan blog itu murah atau bahkan gratis. Beberapa yang lain mungkin berpikir lain alias menganggap bahwa membuat blog akan memerlukan modal besar.

Bagi ku blog tidak mahal, biaya blog akan selalu murah dengan syarat kita melandasi kegiatan ini dengan pondasi hobi,

Dua anggapan diatas tidak ada yang salah, bagi aku pribadi, kedua anggapan tersebut benar. Blogging bisa dianggap murah bisa juga dianggap mahal. Kenapa bisa begitu?! Karena jawaban untuk keduanya memerlukan penyajian jawaban yang berbeda. Berikut aku suguhkan 2 jawaban mengapa blogging bisa dianggap murah atau juga bisa dianggap mahal.

Alasan Blog Dianggap Berbiaya Murah

Blogging akan dianggap murah hanya jika pembuat blog berotak super cerdas dan mampu membangun, merawat dan menangani seabreg permasalahan blog secara mandiri. Untuk membuat blog semurah ini anda bisa menggunakan subdomain google / blogspot dengan menggunakan template blog bawaan atau membuat template sendiri tanpa perlu membeli ke salah satu penjual template. Anda juga tidak perlu menggunakan top level domain untuk blog anda jadi bisa dikatakan tidak perlu modal untuk dikeluarkan sama sekali. Dan aku pikir untuk anggapan bahwa ongkos membuat blog itu murah hanya bisa dipraktekkan oleh beberapa orang yang mau atau mampu mewujudkannya.

Alasan Ongkos Membuat Blog Itu Mahal

Ketika anda memulai blog tentu kesan yang anda fahami adalah ongkos itu murah. Tapi jika anda telaah lebih dalam, apa betul pembuatan blog hingga menjadi blog yang setidaknya keren itu benar-benar murah? Yap Murah! Itu jika kita terus memberi sugesti pada diri bahwa blog yang kita buat berpondasi pada hobi. Coba anda cabut "pondasi hobi", maka lihatlah berapa biaya yang sudah kita keluarkan, dari yang mulai bisa dihitung hingga biaya yang keluar tak terbaca,

Berikut uraian sebagai gambaran kasar tentang berapa uang yang keluar untuk sebuah blog amatir selama 2 tahunan.

Ongkos Membuat Blog Dari 0

Berikut aku ulas beberapa fakta yang belakangan baru aku sadari tentang ongkos membangun dan memelihara blog atau website. Jika anda blogger pemula mungkin ini bisa menjadi gambaran anda untuk melihat masa depan atau prospek kegiatan blogging.

  • Ongkos Beli Template

Jika anda yang sudah beberapa tahun menyukai kegiatan blogging, aku pikir anda tahu sendiri berapa kisaran template blog. Jika anda anggap murah, kenapa masih banyak yang suka gratisan?!. Okeh kita anggap murah, tapi berapa kali anda gonta-ganti template blog? Heheh, berkali-kali yah? Nah itu maksud ku. Silahkan kalkulasi sendiri.

Kisah aku pribadi sebelum menggunakan template dari sugeng.id sudah berkali-kali menggunakan banyak template, kalau di hitung-hitung dengan pembelian tema untuk blog yang pernah di wordpress mungkin sudah mengeluarkan sampai satu jutaan lebih. Bukan masalah template yang satu lebih baik dari lainnya ini hanya soal selera. Aku sendiri mengakui template-template yang pernah aku beli rata-rata teruji dan terbukti bagus, hanya saja pada akhirnya ainkgo.id menggunakan Template Vio Magz.

  • Membeli Domain

Masa template nya keren tapi tetap pakai subdomain .blogspot.com, iya gak apa sih, tapi kok rasanya ada yang kurang, meskipun blog itu website personal. Dari hal remeh ini blogger cenderung akan rela mengeluarkan biaya untuk membeli domain. Aku sendiri beberapa kali gonta-ganti domain hanya karena masalah "pengin ini -pengin itu". Dan akhirnya menemukan kepuasan menggunakan ccTLD .id. Jika anda juga pernah atau mungkin masih suka gonta-ganti domain maka silahkan hitung sendiri uang yang sudah anda keluarkan.

  • Membeli Hosting

Terlebih jika anda menggunakan hosting diluar google sebab anda menggunakan CMS wordpress atau lainnya, tentu ini juga beban biaya yang perlu dikeluarkan setiap tahun. So, apakah membuat blog itu murah?!.

Biaya Blog Itu Murah

Secara hitung mentah, untuk membuat blog di blogspot adalah Rp.0. Apa yang kemudian blog membutuhkan biaya adalah keinginan kita untuk meningkatkan memaksimalkan blog, baik memaksimalkan untuk kepuasan pribadi maupun potensi untuk kepentingan bisnis yang lebih visioner. Jadi intinya, apa yang membuat pembuatan blog membutuhkan biaya adalah tingkat kepentingan kita atas blog itu sendiri. Kalau cuma sekedar ingin menulis dan tidak mempunyai hasrat melebihi itu, maka membuat blog itu ya gratis!

Kemudian berapa besar biaya yang kita keluarkan untuk non-teknis?. Aku pikir biaya di wilayah ini jauh lebih banyak dikeluarkan dari pembiayaan membangun dan merawat blog itu sendiri. Berapa cemilan, kopi atau rokok yang kita konsumsi dalam 1 kali menulis artikel atau ngoprek blog? Kemudian silahkan kalikan itu dengan jumlah hari yang sudah dilalui untuk blogging.

Dan jangan lupa, blogger yang sudah tahunan pasti pernah mengalami trial dan eror yang penanganannya menghabiskan banyak waktu.

Tapi bagi aku, secara emosional blog tidak mahal, biaya blog akan selalu murah dengan syarat kita melandasi kegiatan ini dengan pondasi hobi, ingin berbagi. Di sisi lain blog yang terpelihara masih ada pengharapan yang meluas semisal penggunaan blog personal untuk dukungan bisnis. Atau blog bisa jadi akan menyenangkan pula sebab adanya penebusan jika sudah menjadi moneysite, tentu.

Post a Comment for "Biaya Membuat Blog Personal"